TARIAN TRADISIONAL MALANG TARI “BESKALAN”

08.47




Hai semua! Malang adalah salah satu dari sekian banyak kota di jawa timur yang memiliki begitu banyak budaya yang unik dan indah. Nah, selain tari topeng, di Malang ini juga terdapat tarian tradisional yang disebut tari Beskalan. Tarian tradisional satu ini merupakan salah satu tarian selamat datang yang khas dari Malang, Jawa Timur.
Tarian ini biasanya dipertunjukan pada saat penyambutan tamu besar yang datang ke sana. Selain menjadi tarian selamat datang, Tari Beskalan ini juga sering dipertunjukan pada pementasan Ludruk sebagai tarian pembuka setelah Tari Remo. Tari Beskalan ini awalnya merupakan bentuk tarian ritual yang dilakukan oleh masyarakat Malang pada jaman dahulu apabila akan membuka lahan atau mendirikan bangunan. Pada saat mengawali penggalian tanah, biasanya diadakan ritual penanaman tumbal yang sering disebut dengan “cok bakal” atau “sesajen”. Tumbal yang digunakan pada umumnya adalah kepala kerbau. Tumbal tersebut merupakan sedekah bumi yang harus dilakukan agar terhindar dari bahaya dan lahan yang dibuka tersebut diberikan kesuburan. Orang jaman dahulu percaya bahwa jika mereka memberikan tumbal maka mereka akan terjauh dari bahaya.

Pada saat acara ritual tersebutlah pertunjukan Tari Beskalan dimulai. Tari Beskalan ini juga dianggap sebagai wujud rasa syukur dan rasa hormat kepada leluhur agar diberkati tanah yang subur dan rejeki yang melimpah. Selain dipertunjukan dalam acara ritual, di daerah tertentu Tari Beskalan ini juga menjadi tarian wajib yang harus dipentaskan ketika acara bersih desa. Selain itu, tari Beskalan juga dapat  menggambarkan rasa syukur dan hormat kepada lulur, tarian beskalan ini juga dianggap sebagai simbol permulaan kehidupan. Karena kepercayaan inilah  tarian ini mulai berkembang, tidak hanya sebagai bagian dari ritual, namun juga sebagai pembuka acara dan penyambutan tamu besar. 

Tari Beskalan ini biasanya dimainkan oleh empat orang penari wanita dalam pertunjukannya. Namun di acara tertentu dapat juga dimainkan oleh dua orang, bahkan ada juga yang lebih dari empat orang bergantung pada acaranya. Dalam pertunjukannya penari menggunakan busana dan tata rias khas Tari Beskalan. Pada bagian kepala penari menggunakan sanggul yang dihias dengan cundhuk mentul. Lalu  pada bagian tubuh atas menggunakan kemben dan dipadukan dengan ilat – ilatan. Untuk bagian bawah menggunakan celana sepanjang lutut dan tambahan kain pada bagian depan dan belakan yang panjangnya sejajar dengan celana. Sedangkan pada bagian kaki menggunakan kaus kaki putih dan gongseng. Tidak lupa selendang yang di pasangkan di bahu yang digunakan untuk attribute menari.

Kalian pada tahu Tari Remo kan? Nah, gerakan dalam Tari Beskalan ini mirip  dengan gerakan pada Tari Remo, hanya saja gerakan dalam tarian ini lebih anggun dibandingkan dengan Tari Remo sehingga menggambarkan sisi kecantikan seorang wanita. Dalam pertunjukan Tari Beskalan ini juga diiringi oleh iringan musik tradisional. Awalnya Tari Beskalan ini diiringi oleh beberapa alat musik yang sederhana seperti kendang, jidor dan lain – lain. Namun pada masa sekarang ini biasanya diiringi oleh musik gamelan jawa dengan laras slendro yang menjadi  ciri khas gamelan di Jawa Timur.
Keren bukan? Sebenarnya masih ada beberapa lagi tarian khas malang, karena itu kuy main ke Malang and enjoy the rest of Ngalam culture!

Vira Fairuz Salsabilla
E.KOM.1
Kelompok 28
165120207111060

Universitas Brawijaya

You Might Also Like

0 komentar