KEBUDAYAAN MALANG

08.38


           Kota Malang selain terkenal debagai salah satu kota yang berhawa dingin di Indonesia.Bumi Arema juga menyimpan berbagai kekayaan seni dan budaya bangsa yang luar biasa . mulai dari makanan nya seperti bakso , keripik tempe dan apel malang.
        Selain itu hawanya juga sejuk , walaupun sekarang hawa malang sudah sangat panas , tapi citra itu masih ada di benak setiap orang ketika pertama kali mendengar kata malang.
        Disamping dua hal tadi Malang juga terkenal dengan budaya kerajinan nya seperti topeng Malang , keramik dinoyo , tari Malangan dan Jarang kepang . Bangunan tua nya juga tak kalah dan wisata sejarah yang tak kalah menariknya adalah candi-candi yang ada , Malang singosari , candi badut , candi sumberawan dan masih banyak lagi.
           Yang paling terakhir , ciri khas Malang sekali adalah bahasa walikan . Dimana biasanya penduduk asli Malang menggunakan bahasa walikan , bahasa walikan adalah bahasa yang di bolak-balik seperti kata makan menjadi nakam dan lain-lain.
       Di kota Malang terdapat seni pemahatan topeng yang asli bercirikan khas Malang . berdasakan beberapa catatan sejarah menyebutkan bahwa topeng Malang adalah sebuah kesenian kuno yang usianya lebih tua dari keberadaan kota Apel ini.
        Topeng ini pun sudah di perkenalkan sejak zaman kerajaan Gajayana kala itu . para pemahat topeng Malangan sudah turun menurun sampai sekarang , walaupun jumlahnya tidak terlalu melonjak banyak , pada zaman dulu apresiasi pada topeng Malang ini di wujudkan dengan bentuk pertunjukkan saat ada acara ternetu saat pernikahan , selamatan , dan hiburan pejabat tinggi kala itu.
       Topeng Malang sedikit berbeda dengan topeng yang ada di Indonesia , dimana corak khas dari pahatan kayu yang lebih kea rah realis serta menggambarkan karakter wajah seseorang .ada banyak ragam dari jenis topeng Malang yang dibuat seperti karakter jahat, baik , gurauan , sedih , kecantikan , ketampanan bahkan sampai karakter yang sifatnya tidak teratur.sajian ini nantinya dikolaborasikan dengan tatanan rias dan pakaian untuk memainkan sebuah pewayangan atau cerita tertentu menggunakan topeng Malang . perkembangan saat ini topeng Malang sudah dapat dinikmati dalam bentuk drama , ada yang menceritakan tentang sosial dan humoran.
       Bahasa walikan Malang berasal dari pemikiran para pejuang tempo doeloe yaitu kelompok gerilya rakyat kota (GRK) . Bahasa khusus ini dianggap perlu untuk menjamin kerahasiaan , efektivitas komunikasi sesame pejuang selain juga sebagai pengenal identitas kawan atau lawan.
      Jaman penajajahan , banyak pasukan Belanda yang mampu berkomunikasi dalam bahasa daerah dengan tujuan menyerap informasi dari para kalangan pejuang GRK.
        Seorang tokoh pejuang Malang pada saat itu yaitu Pak Suyudi Raharno mempunyai gagasan untuk menciptakan bahasa baru bagi sesame pejuang sehingga dapat menjadi suatu identitas tersendiri sekaligus menjaga keamanan informasi .Bahasa tersebut haruslah lebih kaya dari kode dan sandi serta tidak terikat pada aturan tata bahasa baik itu bahasa nasional , bahasa daerah (jawa,madura,arab,cina) maupun mengikutib istilah yang umum dan baku . bahasa campuran tersebut hanya mengenal satu cara baik pengucapan maupun penulisan yaitu secara terbalik dari belakang di baca kedepan .
       Siapa sih yang gak tau sama kota Malang ? selain sebagai kota pelajar dan kota wisata , ternyata Malang kaya akan kuliner lohh , mau tau apa aja , khas kota Malang selain apel ?
          Yaitu keripik Malang , keripik Malang itu banyakk loh macem nya mulai dari buah hingga sayur pun bisa di jadikan keripik , dan berikut ini adalah beberapa keripik khas kota Malang:

KERIPIK TEMPE : saya paling suka nih sama keripik tempe , apalagi kalo tempe buatan asli sana Malang , keripik tempe nya itu enakkk lohh , kerasa banget bumbunya , ditambah lagi ada irisan daun jeruk baunya harum , keripik tempe Malang juga ada berbagai macam rasa loh , ada yang original , keju , pedas dan aneka rasa lain .

KERIPIK BAYAM : bayam yang biasanya kita makan dalam bentuk sayur ini sekarang sudah tersedia loh dalam bentuk keripik lohh.

KERIPIK KENTANG : ternyata selain bisa di gunakan bisa sebagai bahan sop , ternyata di Malang bisa di jadiin keripik loh .

KERIPIK TELO UNGU : telo yang bisa kita kenal warnanya putih atau nggk kekuningan yaa , ternyata di Malang itu ada yang warnanya ungu  dan telo ungu ini bisa di temuin di daerah Kawi.


KERIPIK BUAH : Mungkin sebagian orang heran , kok ada ya buah yang di jadiin keripik ? nih dia ada keripik buah di Malang , ada keripik apel , keripik nanas , keripik jambu , keripik salak , dan juga keripik rambutan .

NAMA: IQBAL ARFANDY
NIM: 165120201111095
KELAS: F-1
KELOMPOK 28.

You Might Also Like

0 komentar